Selamat datang di eyklan.Com!
Ambon
Kota Lainnya
Pasang Iklan
Kategori
Saat ini: Ambon eyklan.Com > Ambon Artikel > Tips berbelanja >  4 Tips pada saat beli mobil bekas dan murah

4 Tips pada saat beli mobil bekas dan murah

Tanggal:2018-09-27 18:38:21  From:Eyklan.Com  Dilihat: Kali
Tips beli mobil bekas, begini cara Aman Beli Mobil Bekas, berikut adalah 4 tips beli mobil bekas oleh eyklan.com

Tips Beli Mobil Bekas dan Murah

Mobil bekas? bagaimana kualitasnya? Meskipun berupa mobil bekas tapi Anda bisa saja mendapatkan mobil yang bagus dan berkualitas.  Untuk Anda yang memang berniat membeli dan mengincar mobil bekas yang bagus dan berkualitas, silahkan lihat Tips beli mobil bekas dibawah ini agar beli mobil bekas lebih aman dan menguntungkan.


1. Eksterior Mobil

Pada saat membeli mobil bekas salah satu langkah yang sangat penting adalah pengecekan. Bagian mobil yang biasanya Anda perhatikan adalah eksterior mobil. Lakukan saja pengecekan pada bagian yang paling pertama terlihat ini. Pada bagian eksterior mobil ini beberapa bagian mobil yang harus dicek adalah  bagian bodinya.

Perhatikan apakah ada goresan atau rusak pada bodi mobil ini, bagaimana kondisi cat-nya, apakah masih mulus atau sudah kasar. Perhatikan pula bagian kaca, apakah ada bagian yang retak atau pecah. Perhatikan pula bagian lampu, apakah ada yang pecah dan bisa menyala dengan baik, atau malah cahaya lampu tersebut  sudah tidak terang lagi atau bahkan malah sudah tidak menyala lagi Lihat juga keadaan keempat bannya, apakah masih oke atau sudah aus. Coba juga masuk ke kolong untuk melihat apakah ada yang karatan dan keropos.

2. Performa Mesin Mobil

Inilah bagian paling penting dari proses pengecekan yang harus paling teliti dan tidak boleh diabaikan. Hidupkan mesin mobil dan perhatikan bunyi mesin yang menyala. Mobil yang masih bagus mudah di-starter, dan bunyi mesin masih terdengar halus atau tidak kasar.

Mintalah izin dari penjual agar bisa melakukan test drive, untuk mengetahui feel dari mobil tersebut. Coba lakukan mengoper gigi, pastikan bahwa oper gigi ini berjalan dengan lancar. Rasakan benar kondisi mobil saat berjalan. Bila terasa berat, cenderung berbelok kearah kiri atau kanan, sebaiknya Anda berpikir dua kali untuk membelinya. Dalam tes drive ini cobalah untuk melewati jalan yg kurang rata untuk mengetes baik tidaknya kondisi kaki-kaki mobil. Untuk keseluruhan proses tes drive ini sebaiknya Anda melakukannya bersama si penjual agar si penjual juga mengetahui kondisi mobilnya.

3. Aksesoris dan Interior

Amati bagian aksesoris dan interior mobil. Periksa dengan seksama kelengkapan aksesoris dan kondisi interior Mobil seperti : Dashboard, AC, Karpet, perhatikan juga kualitas jok dan langit-langitnya. Pastikan untuk coba menduduki jok, tarik ke belakang, dan cek kualitas pelapisnya. Coba menaik-turunkan kaca mobil, apakah berjalan dengan lancar. Cek pula tombol wiper serta kondisi buka-tutup pintu mobil. Terakhir, cobalah juga untuk mengecek lampu sein, tanda bahaya, lampu depan, dan lampu rem. Radio dan fasilitas audio lainnya juga perlu Anda coba sebelum memastikan untuk membeli mobil bekas tersebut.

4. Kelengkapan Surat-surat

Anda wajib memeriksa dan memperhatikan Surat-surat kendaraan. Pastikan Anda mendapatkan BPKB dan STNK yang asli. Perhatikan keaslian BPKB dan STNK mobil tersebut, karena saat ini banyak sekali beredar surat-surat berharga palsu agar mobil curian laku dengan harga tinggi.

Pastikan mobil yang akan Anda beli memiliki BPKB dan STNK sesuai dengan nama asli pemiliknya. Dengan adanya BPKB dan STNK yang asli dan lengkap maka Anda akan dimudahkan untuk urusan balik nama dan administrasi lainnya.

Jangan mudah terpancing dan membeli mobil dengan harga murah atau alasan apapun juga jika mobil tidak memiliki kelengkapan surat seperti BPKB dan STNK, karena mungkin saja mobil merupakan mobil curian.

oleh: